Jumat, 01 Juni 2012

KUNJUNGAN KOORDINATOR PENYULUH PERIKANAN REGIONAL V KALIMANTAN KE KAB. TANAH BUMBU

Kegiatan penyuluhan kelautan dan perikanan saat ini telah mendapat respon dan perhatian yang besar oleh pemerintah, baik pusat provinsi maupun kabupaten. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai pelatihan, kegiatan dan penempatan penyuluh perikanan di pelosok-pelosok desa maupun di pesisir pantai dan pulau-pulau kecil.  Hal demikian dimaksudkan untuk mewujudkan kesejahteraan para pelaku utama dan pelaku usaha serta masyarakat perikanan lainnya, dimanapun mereka berada.  Namun, hingga saat ini eksistensi dan ketenagaan penyuluh perikanan masih sangat terbatas sehingga hasil yang dicapai pun masih belum optimal.
 Ir. Misharina KW,  Ir. Akmal Syukri, dan Rukimin, S.Pi, MM
Demi untuk memaksimalkan upaya penyuluhan kelautan dan perikanan khususnya di wilayah Kalimantan, maka Ir. Akmal Syukri, bersama Fahrurrazi, S.Pi, selaku Koordinator Penyuluh Perikanan Regional V Kalimantan dari Pusbangluh KP, telah melakukan kunjungan-kunjungan ke berbagai daerah yang ada di Kalimantan, pada akhir Mei sampai awal Juni ini dijadwalkan akan mengelilingi Kalimantan Selatan.  Hal ini bertujuan sebagai ajang silaturrahmi dengan sesama penyuluh yang ada di wilayah setempat dan sekaligus berdialog, diskusi dan tanya jawab secara langsung kepada pelaku utama dan pelaku usaha yang ada.  Selain itu, kegiatan ini juga merupakan sharing informasi bagi para penyuluh perikanan, dalam rangka meningkatkan kinerja mereka di wilayah binaan masing-masing.

Ir. Akmal Syukri
Untuk kunjungan di Kabupaten Tanah Bumbu, dilakukan pada hari Senin tanggal 28 Mei 2012 bertempat di BP3K Karang Bintang, yang bertepatan dengan acara Pertemuan Rutin Bulanan Penyuluh Perikanan untuk bulan Mei 2012. Selain Koorluhkan Pusat, kegiatan ini juga dihadiri oleh Koorluhkan Provinsi, Ir. Misharina Kusuma Widiarty, Koorluhkan Kabupaten Tanah Bumbu, Eko Prio Raharjo, S.Pi, perwakilan dari BP4K Tanah Bumbu yaitu Kabid Penyelenggaraan Penyuluhan, Rukimin, S.Pi, MM, Kasi Penyusunan Programa Penyuluhan Kasiani, S.Pi serta para keluarga besar penyuluh perikanan se-Kab. Tanah Bumbu.Tidak ketinggalan pula perwakilan dari penyuluh perikanan swadaya yang berasal dari kecamatan Simpang Empat dan Batulicin.
Dalam kesempatan ini, Ir. Akmal Syukri mengatakan bahwa maksud dan tujuan kedatangannya ke Tanah Bumbu selain bersilaturrahmi dengan sesama penyuluh perikanan dan pelaku utama, juga sharing informasi penyuluhan serta berkoordinasi untuk kelancaran kegiatan penyuluhan di masa yang akan datang.

Suasana rapat yang sedang berlangsung
Selain diskusi, juga dilakukan tanya jawab antara penyuluh perikanan dan nara sumber baik yang berasal dari pihak BP4K Kab. Tanah Bumbu maupun dari Koordinator Pusat, Provinsi dan Kabupaten seputar permasalahan penyuluhan kelautan dan perikanan baik secara teknis maupun administratif lainnya.  Setelah acara pertemuan selesai, tidak lupa pula dilakukan "photo bareng" antar sesama penyuluh, pihak BP4K, pihak BP3K Karang Bintang serta Ir. Akmal Syukri dan rombongan.  Dalam kesempatan ini pula, Koorluhkan Kabupaten, juga menyampaikan hasil apresiasi SIMLUH-KP yang dilakukan tanggal 24-25 Mei 2012 silam di HBI Banjarmasin.
Ir. Akmal Syukri saat photo bareng bersama penyuluh perikanan dan pejabat BP4K Tanah Bumbu
Sekitar pukul 13.00 wita, acara ishoma berlangsung kemudian tepatnya pukul 14.00 wita, acara dilanjutkan dengan kunjungan lapangan yang bertempat di Desa Sarigadung Kecamatan Karang Bintang, dengan mengunjungi Kelompok Artomoro.  Kelompok ini mempunyai usaha tani dan budidaya ikan air tawar yang hingga saat ini masih belum optimal di dalam pengelolaannya sehingga perlu pembinaan yang lebih lanjut.  Walaupun hujan lebat, namun acara tetap saja dilakukan di gubuk pertemuan kelompok setempat.
Untuk kelancaran kegiatan penyuluhan kelautan dan perikanan khususnya di Kabupaten Tanah Bumbu, dengan ini kami mengajak kepada semua pihak khususnya penyuluh perikanan, pelaku utama dan pelaku usaha serta instansi yang terkait, mari kita laksanakan penyuluhan perikanan dengan semangat dan dedikasi yang tinggi, khususnya kepada sahabat-sahabat sesama penyuluh perikanan baik penyuluh PNS, penyuluh tenaga honorer, penyuluh perikanan tenaga kontrak (PPTK), maupun penyuluh swadaya dimanapun kita berada.
BRAVO PENYULUH PERIKANAN!!!
(Oleh : Eko Prio Raharjo, S.Pi - Koordinator Penyuluh Perikanan kab. Tanah Bumbu)

Tidak ada komentar: