Senin, 13 Agustus 2012

PENUMBUHAN PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN KELOMPOK "BINA HIKMAH" DESA WIRITTASI

Penilaian Kelas Kemampuan Kelompok
Kegiatan penumbuhan, pembinaan dan pengembangan pelaku utama perikanan terus digalakkan oleh BP4K Kab. Tanah Bumbu, demi terwujudnya kelompok pelaku utama perikanan yang mandiri dan sejahtera.  Hal ini tentunya dilakukan dengan melibatkan lintas sektor dan lintas instansi yang terkait dengan kegiatan penyuluhan perikanan.  Kegiatan ini dilakukan secara perlahan namun secara berkelanjutan oleh para pejuang "penyuluh perikanan" yang merupakan ujung tombak keberhasilan pembangunan kelautan dan perikanan di lapangan.
Sabtu (11/08/2012) bertempat di desa Wirittasi, tepatnya di rumah Pak Salman, yang juga merupakan penyuluh perikanan swadaya di desa setempat, tim dari BP4K yang terdiri dari penyuluh perikanan setempat, Nor Jennah, A.Md, Koordinator Penyuluh Perikanan, Eko Prio Raharjo, S.Pi, Kasubid Kelembagaan Penyuluhan, Muchyar, SE serta dihadiri pula oleh penyuluh perikanan desa lainnya, Hairunnisa, A.Md dan Rahimawati, A.Md.
Pemberian Materi dari Kooluhkan Tanbu

Kegiatan pembinanan ini dilakukan di Kelompok Nelayan "Bina Hikmah" desa Wirittasi, salah satu dari 8 (delapan) kelompok yang menerima paket bantuan fasilitasi dari Kementrian Kelautan dan Perikanan melalui dana dekonsentrasi tahun 2012 melalui Bakorluh Prov. Kalsel. Sebagai fasilitator atau nara sumber yang memberikan materi oleh Koordinator Penyuluh Perikanan dengan materi mengenai fungsi dan peranan kelompok, yang merupakan pengetahuan dasar dan cikal bakal dalam membangun visi dan misi yang sama diantara sesama anggota kelompok. 
Setelah pemberian materi dari nara sumber, dilakukan diskusi dan tanya jawab juga penyampaian hal-hal lain yang dianggap perlu dari pihak BP4K.  Setelah diskusi dan tanya jawab selesai, dilanjutkan evaluasi dan penilaian kelas kemampuan kelompok bagi kelompok yang bersangkutan.
Dokumentasi selama kegiatan berlangsung
Sebagai hasil evaluasi dan penilaian kelompok ini, maka dapat diperoleh hasil untuk kelompok nelayan "Bina Hikmah" sebagai berikut :
Point atau skor untuk hasil penilaian secara keseluruhan berjumlah 574 (lima ratus tujuh puluh empat), dengan perincian aspek perencanaan berjumlah 104, aspek kemampuan berorganisasi berjumlah 90, aspek akses kelembagaan berjumlah 90, aspek kemampuan berwirausaha berjumlah 185 dan aspek kemandirian berjumlah 105.  Jika dilihat dari jumlah total yang ada (574), maka bisa dikatakan bahwa Kelompok Nelayan "Bina Hikmah" desa Wirittasi termasuk ke dalam kelas MADYA (skor antara 351 s/d 650).
Sebagai hasil evaluasi, kelompok ini perlu pembinaan lebih lanjut, karena masih belum ada rencana usaha kelompok dan rencana kegiatan kelompok, yang ada hanya kegiatan real di lapangan saja.  Alangkah baiknya, penyuluh perikanan yang bersangkutan nantinya menbina lebih lanjut agar kelas kemampuan kelompok ini bisa menjadi kelas UTAMA.
BRAVO PENYULUH PERIKANAN!!!
(Oleh : Eko Prio Raharjo, S.Pi - Koordinator Penyuluh Perikanan Kab. Tanah Bumbu)

Tidak ada komentar: