Kamis, 02 Agustus 2012

KUNJUNGAN KEPALA BP4K KE DESA SEGUMBANG

Sebagai wujud kebersamaam dan kepedulian kepada pelaku utama perikanan, Kepala BP4K Kab. Tanah Bumbu beserta staf telah berkunjung ke Kelompok "SEMANGAT BARU" desa Segumbang.  Silaturrahmi dilaksanakan di rumah Pak Haruna, salah satu anggota kelompok yang lokasinya bertepatan di tengah-tengah hamparan tambak desa Segumbang.  Maksud dan tujuan kunjungan ini adalah untuk memberikan motivasi kelompok maupun para pembudidaya tambak yang ada di desa Segumbang tersebut.
Photo Bareng Kepala BP4K Beserta Staf dengan Pembudidaya Tambak
Selasa (31/07/2012), sekitar pukul 09.00 wita penyuluh perikanan setempat, Salam Kardoyo dan Koordinator Penyuluh, sudah berada rumah Pak Haruna untuk mempersiapkan segala sesuatunya.  Sebelum rombongan Kepala Badan beserta staf datang, Koordinator Penyuluh yang juga merangkap sebagai Koordinator Jabatan Fungsional (KJF) Bidang Kelautan dan Perikanan, memberikan penyuluhan kepada anggota-anggota kelompok yang hadir.  Materi yang disampaikan adalah "Fungsi dan Peranan Kelompok", dengan membagikan leaflet materi atau bahan penyuluhan tersebut kepada seluruh peserta.  Menurut Rusdi, selaku Ketua Kelompok, kegiatan penyuluhan seperti ini sangat berguna bagi anggota-anggota kelompoknya, apalagi diberi leaflet berupa selebaran untuk menunjang kegiatan penyuluhan. "Adanya leaflet atau brosur ini sangat membantu kami dalam menerima informasi dari para penyuluh perikanan", paparnya di tengah-tengah pertemuan berlangsung.
Silaturrahmi dan Kunjungan Kepala BP4K Kab. Tanbu Di Segumbang
Tepat pukul 10.00 Wita, kepala badan beserta staf telah hadir di tengah-tengah kelompok.  Selain kepala badan, acara ini juga dihadiri oleh Kabid Penyelenggaraan Penyuluhan, Rukimin, S.Pi, MM, Kasubid Programa, Kasiani, S.Pi, Kasubid Kelembagaan Penyuluhan, Muchyar, SE.Dalam sambutannya, kepala badan, Drs. H. Rahmat. HM, M.Pd menyampaikan rasa terima kasih dan suka citanya kepala kelompok atas semangatnya dalam berwirausaha budidaya tambak.  Masih dalam sambutannya, karena melihat potensi dan eksistensi tambak yang ada, secara spontan beliau  menyampaikan adanya rencana bantuan pembuatan gubug pertemuan yang dibuat di atas lahan tambak.  Pembuatan gubug pertemuan ini rencananya akan direalisasikan pada bulan September mendatang dengan memberikan bantuan dana sebesar Rp 5.000.000,- (lima juta rupiah) kepada kelompok.   Dana tersebut dimaksudkan untuk membuat gubug pertemuan yang didesain sedemikian rupa dengan kapasitas bisa menampung sebanyak 30 - 50 orang.
Selain itu, beliau juga memaparkan bahwa kawasan tambak yang ada di desa Segumbang ini sangat berpotensi untuk wisata pemancingan, "jika kelompok sudah siap menjalankannya, kami akan menjamin pemasaran dan akan membantu dalam mempromosikan usaha pemancingan tersebut", paparnya.
Sehubungan adanya rencana tersebut, Bahruddin, selaku Sekdes Segumbang menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian dan kepedulian pihak badan kepada pembudidaya tambak di desa Segumbang, ia berharap semoga dengan adanya bantuan ini nantinya akan lebih memotivasi usaha pertambakan di desa ini khususnya.
BRAVO PENYULUH PERIKANAN!!!
(Oleh : Eko Prio Raharjo, S.Pi - Koordinator Penyuluh Perikanan Kab. Tanah Bumbu)

Tidak ada komentar: