Senin, 27 Agustus 2012

PENUMBUHAN PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN KELOMPOK "ANTASAN" DESA PULAU SATU

Kembali tim penyuluh perikanan yang ada di kecamatan Kusan Hilir, bersama-sama dengan Tim Kabupaten melakukan kegiatan penumbuhan, pembinaan dan pengembangan kelompok pelaku utama perikanan.  Kali ini kelompok yang dikunjungi adalah kelompok "Antasan" yang beralamat di RT 01 Desa Pulau Tanjung Kecamatan Kusan Hilir, Pagatan (Senin, 27/08/2012). Kunjungan ini bertujuan untuk mengevaluasi penyaluran dana yakni monitoring penggunaan dana bantuan fasilitasi kelompok yang dipadukan dengan rencana pengelolaan kegiatan seperti pengadaan buku-buku kelompok, pertemuan dan pelaporan kelompok.
Suasana pertemuan kelompok
Kelompok nelayan Antasan merupakan salah satu kelompok yang ada di desa setempat.  Usaha perikanan yang dilakukannya adalah usaha penangkapan ikan di perairan umum, dengan jumlah anggota secara keseluruhan sebanyak 18 orang.  Kelompok Antasan diketuai oleh Bapak Monneng (49 tahun), Sekretaris oleh Dedi Masdir (23 tahun) dan Bendahara oleh Basran (35 tahun).
Anggota kelompok Antasan sebagian besar melakukan penangkapan udang air tawar yaitu  udang galah (Macrobrachium rosenbergii de man) yang ditangkap dengan menggunakan alat pancing dan bubu di sepanjang Sungai Kusan hingga muara sungai.
Berdasarkan hasil evaluasi, kelompok Antasan sudah melakukan pengadaan atau pembuatan buku-buku sesuai dengan yang tertera pada daftar rencana pengelolaan kegiatan, juga pengadaan kursi-kursi plastik untuk rapat kelompok.  Namun untuk kegiatan pertemuan kelompok seperti penyusunan RUK dan pertemuan dengan mitra Bank masih belum terealisasi mengingat waktu yang sangat terbatas.  Menurut Pak Monneng, selaku ketua kelompok, pertemuan tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat ini.
Tetap ceria walaupun tugas banyak menanti
Selain mengevaluasi dan memonitoring kelengkapan kelompok, juga dilakukan penyuluhan atau penyampaian materi mengenai cara mengisi buku-buku kelompok dan lain sebagainya.  Diskusi dan tanya jawab berjalan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan.  Sebelum acara berakhir, dilakukan pula penilaian kelas kemampuan kelompok sebagai tolok ukur kemampuan suatu kelompok pelaku utama perikanan.
Berdasarkan hasil penilaian kelompok yang dilakukan oleh Tim, maka dapat diperoleh hasil sebagai berikut :
Keseriusan anggota kelompok dalam mengikuti pembinaan
  1. Setelah dilakukan perhitungan skor, ternyata kelompok Antasan mempunyai skor berjumlah 501,00 dengan perincian aspek perencanaan berjumlah 81, aspek kemampuan berorganisasi berjumlah 125, aspek akses kelembagaan berjumlah 75, aspek kemampuan wirausaha berjumlah 120 dan aspek kemandirian berjumlah 100.
  2. Jika dilihat dari jumlah skor tersebut, maka kelompok Antasan bisa dikategorikan menjadi kelas MADYA (skor antara 351 s/d 650).
  3.  Kelompok Antasan perlu pembinaan lebih lanjut, sebab masih belum menyusun Rencana Usaha Kelompok (RUK) dan menyusun rencana kegiatan.
  4. Jika kita perhatikan, segala sarana kelompok (berupa meja dan kursi) pengadaannya merupakan  swadaya dari kelompok.  Menurut ketua kelompok, mereka akan menambah 1 meja lagi untuk kenyamanan anggota pada saat melakukan pertemuan rutin nantinya.  Kelompok ini merupakan salah satu kelompok yang berkeinginan untuk maju dan mandiri.
Untuk itu, mari kita tingkatkan kinerja kita wahai para sahabat penyuluh perikanan, demi mewujudkan pelaku utama perikanan yang mandiri dan sejahtera. (echo).

BRAVO PENYULUH PERIKANAN!!!
(Oleh : Eko Prio Raharjo, S.Pi - Koordinator Penyuluh Perikanan Kab. Tanah Bumbu)

2 komentar:

Unknown mengatakan...

BRAVO PENYULUH PERIKANAN

Administrator mengatakan...

Terima kasih....mantap!!! Sukses selalu ya...