Jumat, 28 Juni 2013

BP4K Tanbu : PELATIHAN BUDIDAYA AIR TAWAR DI DESA TANETE

Desa Tanete merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Kusan Hilir, Pagatan.  Jaraknya dengan pusat pemerintahan kecamatan sekitar 3 km dan pusat pemerintahan kabupaten sekitar 28 km.  Desa Tanete kondisi topografisnya berupa dataran rendah dengan jarak sekitar 2 km dari bibir pantai.  Di desa ini sudah berkembang beberapa tahun yang lalu usaha budidaya kolam, denga komoditas unggulannya adalah ikan Patin (Pangasius sp).   Walaupun usaha budidaya kolam di desa ini merupakan pekerjaan sampingan, namun pada beberapa pembudidaya sudah terbukti mendapatkan keuntungan yang lebih besar.  Namun, permasalahannya adalah, masih terbatasnya pengetahuan para pembudidaya, artinya hanya beberapa orang saja yang sudah sukses dalam hal budidaya, masih banyak lagi pembudidaya yang masih belum menerapkan CBIB (Cara Budidaya Ikan yang Baik) serta teknis pemeliharaan yang sangat minim.

Suasana pelastihan yang sedang berlangsung
Berkenaan dengan hal tersebut, adalah salah satu latar belakang pentingnya pembinaan lanjutan perihal teknis budidaya ikan di kolam, walaupun penyuluh perikanannya sudah ada.  Untuk itu, sebagai wujud komitmen dan kepedulian bagi BP4K Kab. Tanah Bumbu terhadap permasalahan dan kondisi di atas, maka dilaksanakanlah kegiatan "Pelatihan Budidaya Air Tawar" di desa tersebut.

Tepatnya Rabu/26/06/2013, bertempat di kantor Kepala Desa Tanete, pelatihan budidaya air tawar dilaksanakan.  Adapun yang menjadi pemateri saat ini adalah Bapak H. Kasiani, S.Pi, selaku Kasubid Programa Penyuluhan dan saya sendiri (Eko Prio Raharjo, S.Pi, selaku Koordinator Penyuluh Perikanan sekaligus Penulis SMB Online ini).  Materi yang disampaikan adalah Teknis Budidaya Ikan Di Kolam, yang disampaikan oleh kami berdua.

Narasumber sedang memnyampaikan materi pelatihan
Pelatihan dibuka oleh bapak Indra Wijaya, S.Pi, MM, selaku Kasubid Supervisi Penyuluhan yang mewakili Kepala Badan sekitar pukul 10.10 Wita.  Dalam sambutannya, beliau menyampaikan permohonan maaf Kepala Badan yang tidak bisa berhadir karena ada sesuatu hal.  Selain itu, beliau juga berharap agar pelatihan ini bisa diterima dan dilaksanakan oleh para peserta dengan baik dan serius sehingga apa yang menjadi tujuan pelatihan ini akan bisa tercapai.  "Kami sangat berharap apa yang telah diberikan pada pelatihan ini akan dapat bermanfaat bagi pembudidaya ikan di desa Tanete ini, walaupun dilaksanakan secara singkat namun bisa memberikan faedah yang sangat berarti bagi pembudidaya," ujarnya. Pelatihan berjalan dengan khidmat dan lancar, sembari disertai dengan guyonan-guyonan oleh narasumber sehingga menghidupkan suasana pelatihan.  Setelah acara berkhir, masing-masing peserta mendapatkan uang transport dari panitia pelaksana.

Alimuddin (32 tahun), salah satu peserta pelatihan, menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat penting bagi mereka karena dengan adanya pelatihan ini akan menambah wawasan dan pengetahuan mereka dalam hal pemeliharaan ikan di kolam.  "Kami sangat berterima kasih pak, sebab dengan pelatihan ini pengetahuan kami telah bertambah" ujarnya sambil terbata-bata.  "Kalo bisa nanti ada lagi pelatihan yang lainnya seperti cara pebuatan dan praktik pengolahan pakan ikan, sosalnya sekarang harga pakan sanat mahal pak", tambahnya dengan penuh harapan. (echo).

Oleh : Eko Prio Raharjo, S.Pi - Koordinator Penyuluh Perikanan Kab. Tanah Bumbu, Kalsel

Tidak ada komentar: