Rabu, 05 Juni 2013

SYUKURAN DAN PANEN RAYA DI SUNGAI DUA : HARUS DIBUDAYAKAN!!!

Selasa, 04 Juni 2013 bertempat di RT 07 rumah kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan), Pak Bidu (50th) namaya, ketua Ketua kelompok "Hidup Bersama II" di desa Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel.  
Ratusan orang telah memenuhi halaman rumahnya yang terletak di tepi kolam ikan yang dikelolanya.  Orang-orang tersebut berasal dari sebagian instansi penting yang ada se-kabupaten Tanah Bumbu, termasuk Penyuluh Perikanan dan Koordinatornya.
Kondisi acara yang sedang berlangsung
Ratusan tamu yang berhadir disana diantaranya adalah Bupati Tanah Bumbu (dalam hal ini wakili oleh staf ahli, Bapak Ir. H. Bakhriansyah, MM beserta rombongan),  rombongan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Prov. Kalsel, Dinas Kelautan dan Perikanan, BP4K, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Bappeda, Dinas PU, Dinas Kehutanan, BP3K Kecamatan, tokoh masyarakat, pembudidaya ikan dan lain-lain.
Berkumpulnya ratusan orang tersebut dalam rangka acara "Panen Raya" oleh pembudidaya ikan yang ada di desa Sungai Dua.  Acara panen raya ini mengambil tema "Melalui Panen Raya Kita Pacu Tumbuhnya Pembudidaya mandiri", yang merupakan salah satu Program Peningkatan Produksi Perikanan Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu.
Dalam sambutannya Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Tanah Bumbu, Bapak Drs. H. Abdul Karim, MM, dengan adanya panen raya ini diharapkan agar para pembudidaya ikan khususnya yang ada di desa setempat akan termotivasi dan lebih bersemangat lagi dalam meningkatkan produksi mereka.  Adapun komoditas unggulan perikanan yang dibudidayakan disini sebagian besar adalah ikan Patin, Nila, Bawal dan Gurame.
Situasi pemanenan ikan di kolam milik Pak Bidu
Saat acara berlangsung, telah dipanen 1 buah kolam milik Pak Bidu dengan ukuran 11 x 12 m. Menurut informasi yang diperoleh dari Pak Bidu, kolam yang dipanen tersebut toital panennya adalah sekitar 1,8 ton, terdiri dari ikan Patin (Pangasius sp) sebanyak 1,3 ton dan ikan Lele (Clarias batrachus) sebanyak 0,5 ton dengan rata-rata size 1 - 1,5 kg/ekor untuk ikan Patin dan 1,5 - 3 kg/ekor untuk ikan Lele.  Benih ikan yang ditebar sebanyak 2.500 ekor ikan patin dan ikan lele.300 ekor dan dipelihara di kolam selama 10 bulan.
Dalam sambutannya, Bupati Tanah Bumbu, yang dibacakan oleh Ir. H. Bakhriansyah, MM menyampaikan bahwa hingga saat ini melalui dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu menargetkan produksi perikanan sebanyak 50.000 ton hingga tahun 2015. ''Proyeksi target produksi tersebut optimis diraih, karena pada tahun 2012 telah mencapai angka 38.099, 12 ton. Terdiri dari : 32.180,40 ton di perairan laut dan 3.357,40 ton di perairan umum (Perikanan Tangkap). Sedangkan Perikanan Budidaya telah mencapai angka 1.544,92 ton Tambak, 807,73 Kolam, 12,23 ton Keramba, dan 196,44 ton Jaring Apung. Dan raihan produksi ini telah melampaui target di tahun 2012 yang di patok 25.212 ton."
Ikan Patin (Pangasius sp) saat dipanen
Dalam kesempatan itu pula, Pak Ridwan, salah satu pembudidaya ikan di jaring apung desa setempat, pada sambutannya yang mewakili pembudidaya, menyampaikan permasalahan yang dihadapi oleh pembudidaya, yaitu diantaranya kondisi saluran irigasi yang terbatas dan perlu untuk dibenahi, mahalnya harga pakan, dan terbatasnya pengetahuan para pembudidaya ikan.  Selain itu, ia juga mengajak kepada seluruh pihak agar tetap menjaga kelestarian sumberdaya ikan dengan menjaga sumber daya alam yang ada di sekitarnya seperti waduk/danau, hutan, dan lain sebagainya.  (echo).

Oleh : Eko Prio Raharjo, S.Pi - Koordinator Penyuluh Perikanan Kab. Tanah Bumbu

Tidak ada komentar: