Sabtu, 14 September 2013

GERAKAN NASIONAL SADAR WISATA DAN AKSI SAPTA PESONA 2013



Dalam rangka promosi dan pengembangan pariwisata di Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia telah melaksanakan kegiatan Gerakan Nasional Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona yang acara puncaknya dilaksanakan di lapangan CBS Martapura, Kab. Banjar, Prov. Kalimantan Selatan.  Dalam kegiatan ini, telah dilombakan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) yang ada se-Indonesia yang telah diseleksi pada beberapa bulan yang lalu, dan para pemenangnya akan diumumkan pada hari puncak, yaitu Kamis, 12 September 2013 silam.

Firmansyah Rahim
Dalam sambutannya, Firmansyah Rahim, selaku Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata mengatakan bahwa dalam lomba ini, telah diundang sebanyak 33 provinsi namun yang masuk hanya sebanyak 24 provinsi dengan peserta sebanyak 64 buah Pokdarwis se-indonesia yang akan diseleksi.  Dari 64 buah Pokdarwis tersebut, jumlah yang masuk ke penilaian hanya sebanyak 17 buah Pokdarwis saja.  Ke-17 Pokdarwis yang  terpilih akan dinilai dan didatangi secara langsung oleh para juri ke masing-masing kabupaten/kota.  Dari 17 buah Pokdarwis ini akan diambil 10 besar se-Indonesia dan akan mendapatkan penghargaan dan hadiah langsung dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.  Hadiah yang diberikan berupa uang tunai sebesar Rp 3.000.000,-  s/d 12.000.000,-  Selain itu, ia menambahkan bahwa dengan adanya lomba Pokdarwis ini akan menambah motivasi dan kreasi bagi Pokdarwis yang ada di Indonesia guna pengembangan pariwisata ke depan. 

Para Pemenang 10 Besar Lomba Pokdarwis Tingkat Nasional Dalam GERAKAN NASIONALSADAR WISATA DAN AKSI SAPTA PESONA Yang Dselenggarakan di Lapangan CBS Martapura, Kab. Banjar, Kalsel
Dalam kesempatan ini, sebanyak 10 peserta yang menjadi pemenang mengadakan pameran mengenai kegiatan dan potensi pariwisata yang ada pada daerah mereka masing-masing.

Berikut para pemenang (10 besar) lomba Pokdarwis se-Indonesia Tahun 2013 :

No
Nama Pokdarwis
Asal
Kategori Pemenang
01
02
03
04
1
Pokdarwis Kampung Wisata Ekologis Puspa Jagad
Gandusari, Blitar,
Jawa Timur
Juara I
2
Pokdarwis Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran
Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta
Juara II
3
Pokdarwis Semanggi
Surakarta,
Jawa Tengah
JuaraIII
4
Pokdarwis Dieng Pandawa
Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah
Harapan I
5
Pokdarwis Paboyo Gagas Bagak Sahwa
Singkawang Timur,
Kalimantan Barat
Harapan II
6
Pokdarwis Badan Pengelola SDA Hutan Kampung
Kutai Barat,
Kalimantan Timur
Nominator I
7
Pokdarwis Kompepar Puncak Cisarua
Bogor,
Jawa Barat
Nominator II
8
Pokdarwis Desa Wisata Budaya Kemenuh
Gianyar,
Bali
Nominator III
9
Pokdarwis Pesona
Angsana, Tanah Bumbu,
Kalimantan Selatan
Nominator IV
10
Pokdarwis Kampung Domba Juhud Terpadu
Pandeglang,
Banten
Nominator V
Sumber : Pengumuman Dewan Juri, Kamis, 12 September 2013

Dalam sambutannya, ia juga berharap agar para pemenang lebih bisa mengembangkan diri untuk mengembangkan ekonomi melalui pariwisata dengan bekerja sama dengan instansi terkait. (Red)

Oleh :
Eko Prio Raharjo, S.Pi - Koordinator Penyuluh Perikanan Kab. Tanah Bumbu, Kalsel

Tidak ada komentar: