Kamis, 12 September 2013

BP4K TANBU REKRUT PENYULUH SWADAYA

Kondisi acara sedang berlangsung

Kegiatan penyuluhan merupakan suatu upaya untuk memperbaiki taraf hidup para kelompok anggota pelaku utama dengan melalui perubahan pola, sikap dan tingkah laku ke arah yang lebih baik.  Dengan adanya kegiatan penyuluhan, diharapkan akan membawa masyarakat ke  arah kehidupan yang sejahtera.   Selain itu, kegiatan penyuluhan juga diharapkan mampu dalam mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya alam yang berbasis lingkungan dan peningkatan lapangan pekerjaan yang berbasis pemberdayaan masyarakat.

Rabu, 11 / 09 / 2013, bertempat di Gubug Pertemuan Di Kawasan Pasir Hijau di Desa Mattone Pagatan  dilaksanakan acara Safari Penyuluhan oleh Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kab. Tanah Bumbu, Kalsel. Kegiatan ini bertujuan untuk silaturrahmi penyuluh perikanan swadaya se-kabupaten Tanah Bumbu dan untuk mensosialisasikan tugas dan peranan penyuluh swadaya.  

Dalam acara ini, dikumpulkan seluruh penyuluh swadaya sekabupaten dengan maksud diberikan pembekalan mengenai tugas pokok dan fungsi penyuluhan, pelaporan sekaligus penanda tanganan kontrak sebagai penyuluh swadaya.  Berdasarkan informasi dari pihak badan, bahwa perekrutan penyuluh sudah dilakukan pada tahun 2011 sebanyak 10 orang yang kesemuanya adalah penyuluh perikanan.  Namun pada 2013 ini, untuk penyuluh perikanan telah direkrut kembali sebanyak 13 orang (sebagai tambahan) dan untuk penyuluh pertanian sebanyak 10 orang.

Drs. H. Rahmat. HM, M.Pd

Drs. H. Rahmat. HM, M.Pd, kepala BP4K, dalam sambutan dan arahannya mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini diharapkan akan mampu mendorong kegiatan penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan di Kabupaten Tanah Bumbu.  Ia juga mengatakan bahwa eksistensi penyuluh swadaya ini berdasarkan Kontrak Kerja Nomor : /ktrk pyh swadaya/Bag.Diklat/BP4K/2013. 

Berdasarkan kontrak tersebut,  tertulis bahwa masa kontrak penyuluh perikanan swadaya akan diperpanjang setiap triwulan (3 bulan) sekali, dengan mengevaluasi hasil dampak penyuluhan yang dilakukan oleh penyuluh swadaya.

Ia juga menambahkan, dengan adanya penyuluh swadaya ini diharapkan akan mampu meningkatkan kegiatan penyuluhan pertanian perikanan dan kehutanan di Kabupaten Tanah Bumbu yang tercinta ini.

Kepala Badan sedang memberikan arahan
Sebanyak 33 orang penyuluh swadaya yang terdiri dari 23 orang penyuluh swadaya perikanan dan 10 orang penyuluh swadaya pertanian, telah direkrut dan difasilitasi beberapa bulan yang lalu, melalui koordinator jabatan fungsional (KJF) masing-masing bidang.  Para penyuluh swadaya yang diangkat telah ditentukan berdasarkan hasil seleksi yang dilakukan oleh Tim BP4K Tanah Bumbu.  

Penyuluh swadaya yang direkrut diangkat dari kelompok-kelompok yang dianggap berhasil baik dari segi pencapaian hasil produksi, keaktifan di masyarakat maupun jasa dan perjuangannya dalam membantu para penyuluh di lapangan. (Echo).

Oleh :
Eko Prio Raharjo, S.Pi - Koordinator Penyuluh Perikanan Kab. Tanah Bumbu

Tidak ada komentar: