Rabu, 16 November 2011

Aksi "Ngadat" Penyuluh Perikanan

Penggalian data dan informasi di lapangan
Apa???? aksi ngadat???? jangan salah faham, aksi "ngadat" bagi penyuluh perikanan bukanlah sesuatu hal yang negatif.  Aksi ini dilakukan oleh Keluarga Besar Penyuluh Perikanan Se-Kab. Tanah Bumbu.  Untuk hari ini, yang sudah terpantau/diliput baru dari Tim Penyuluh Perikanan yang ada di Kecamatan Simpang Empat khususnya, yang terdiri dari beberapa orang.  Aksi "ngadat" ini artinya "ngumpulin informasi dan data" sesuai dengan format kuisioner yang telah dibagikan,  sebagai upaya tindak lanjut pada saat rapat yang dilakukan pada hari Senin (14/11/2011) kemarin di BP3K Karang Bintang.  Pada saat rapat tersebut, para penyuluh perikanan diberi tugas untuk mendata masing-masing wilbin (wilayah binaan)nya.  Namun, bagaimana dengan desa-desa yang tidak ada penyuluh perikanannya? Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut (supaya data tetap bisa tersedia), maka para pejabat yang membidangi penyuluhan kelautan dan perikanan pada BP3KPD Kab. Tanah Bumbu dengan bekerja sama dan berkoordinasi dengan Tim Jabatan Fungsional dan Koordinator Penyuluh Perikanan membentuk "tim kecamatan".  Tim tersebut terdiri dari para penyuluh perikanan yang ada di masing-masing kecamatan.  Tujuan pembentukan tim ini adalah  untuk mengkaper data-data kelautan dan perikanan pada desa-desa yang belum ada penyuluh perikanannya.  Data-data yang sudah terhimpun oleh Tim Kecamatan nantinya akan diserahkan ke Koordinator Penyuluh Kabupaten untuk segera direkapitulasi kemudian diserahkan ke pihak BP3KPD Kab. Tanah Bumbu.

Pada hari ini (Rabu, 16/11/2011), tim dari Kecamatan Batulicin sudah mulai melakukan aksinya di daerah desa Tungkaran Pangeran dan sekitarnya.  Hal ini baru diketahui setelah ada kontak melalui telepon selular antara tim dengan Koordinator Penyuluh Perikanan Kabupaten.  

Berdasarkan pantauan Koordinator, tim ini sudah mulai menjalankan aksi ngadatnya di daerah desa Tungkaran Pangeran dan sekitarnya.  Menurut Gusti Leliyanti, SP, penyuluh perikanan senior yang bertugas di desa Tungkaran Pangeran tersebut, "jika kerjaan dilakukan secara bersama-sama insya allah akan terasa ringan dan hasilnya pasti akan memuaskan".  Sebab, dia dibantu oleh beberapa penyuluh perikanan yunior yang bertugas di desa di kecamatan setempat.

Semoga apa yang kita lakukan hari ini akan bermanfaat bagi kita dan orang lain di hari esok. 
Amin ya rabbal alamin. (echo).
BRAVO PENYULUH PERIKANAN...!!!
(Oleh : Eko Prio Raharjo, S.Pi - Koordinator Penyuluh Perikanan Kab. Tanah Bumbu)

Tidak ada komentar: