Jumat, 11 November 2011

Sejarah Asal Usul SMB Online

Eko Prio Raharjo, S.Pi
"Tak Kenal Maka Tak Sayang, Tak Sayang Maka Tak Cinta", yah....begitulah kata pepatah berujar.  Alhamdulillah, hari ini tepat tanggal 11 bulan 11 tahun 11 dan jam 11, tepat 10 (sepuluh) tahun kebersamaan kami sejak jadian dengan kekasih yang sekarang sudah menjadi isteriku tercinta.  Di hari ini, walaupun aku dan isteriku sekarang berada di pulau seberang (Surabaya, Jawa Timur), namun aku tetap memperhatikan, memikirkan bahkan merenungi bagaimana "penyuluhan perikanan" ke depan, di Kabupaten tempatku tinggal dan bertugas, Tanah Bumbu.  Walaupun aku sudah berada disamping isteri tercinta, penyuluh perikanan tetap berada di genggaman tanganku.  Hingga akupun sering memikirkannya, sampai-sampai mata ini sulit terpejam, apalagi saat rindu berat dengan sahabatku "Si Umbu".

Sejak tanggal 09 November 2011, aku sudah memikirkan bagaimana konsep untuk memajukan kegiatan penyuluhan perikanan ke depan, khususnya untuk memotivasi diri sendiri khususnya, rekan-rekan para penyuluh perikanan yang kucintai, agar menyukai dan menyenangi "menulis" juga mengangkat kegiatan penyuluhan perikanan ke depan yang difasilitasi oleh sebuah media.  Sejak tanggal ini pula aku sudah menemukan konsep, namun masih belum tahu apa namanya, yang pasti berkenaan dengan berita, tulisan, kisah/cerita, ide/gagasan mengenai penyuluhan perikanan, secara ONLINE.  

Yah.....ONLINE, ONLINE artinya selalu di atas garis, maksudnya kegiatan penyuluhan perikanan dilakukan secara 24 jam melalui media internet, kapan pun, dimana pun dan apaun isinya yang pasti mengenai kegiatan penyuluhan perikanan.  Sudah barang tentu yang menjadi sasaran utamanya adalah Penyuluh Perikanan, Pelaku Utama, Pelaku Usaha, Instansi terkait dan masyarakat lainnya.

Pada tanggal 09 ini pula, bertempat di Kantin Unair Surabaya, aku sudah terinspirasi nama media yang akan kubentuk/kususun/kubuat, yaitu "SULUH MINA........" masih belum tau satu kata di ujungnya.  Namun akhirnya pada hari Jum'at, tanggal 11 bulan 11 tahun 11 dan jam 11 wib, aku terlintas simbol kabupaten di tempat tinggalku "Tanah Bumbu BERSUJUD".  Aku berfikir, bagaimana ya jika digabungkan menjadi "SULUH MINA BERSUJUD"??? Nah...... sangat cocok.  Aku pun terfikir, bahwa berita atau informasi yang akan dibuat ini disebarkan secara Online melalui jaringan internet, hingga kurangkai kata-kata "SULUH MINA BERSUJUD ONLINE".   Aku pun merasa enak dan hati kecilku pun mengiyakannya.  Akhirnya pada tanggal hari inilah (Jum'at, 11 November 2011 jam 11.00 wita), telah lahir suatu media yang akan menjunjung tinggi kegiatan penyuluhan perikanan, yaitu :
SULUH MINA BERSUJUD Online yang disingkat SMB-Online, yang artinya : 
Kegiatan penyuluhan kelautan dan perikanan yang dilakukan oleh penyuluh perikanan di Kabupaten Tanah Bumbu Bersujud (Bersih, Suci, Jujur dan Damai) secara Online atau melalui jaringan internet.


Leader :
Eko Prio Raharjo, S.Pi
Koordinator Penyuluh Kab. Tanah Bumbu

Tidak ada komentar: