Senin, 23 Juli 2012

PENUMBUHAN PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PELAKU UTAMA PERIKANAN DI KAB. TANAH BUMBU (Bagian 1)


Muhammad Amin, SP
Eko Prio Raharjo, S.Pi
Seusai mengikuti kegiatan Evalusi dan Penilaian Kelas Kelompok Pelaku Utama Perikanan Regional V Kalimantan di Hotel Bina Subur Banjarmasin, Eko Prio Raharjo, S.Pi, Koordinator Penyuluh Perikanan yang juga merangkap sebagai reporter SMB Online, melakukan koordinasi dengan Kepala Bidang kelembagaan Sarana dan Prasarana BP4K Kab. Tanah Bumbu, Muhammad Amin, SP, Senin, 09 Juli 2012.  Hasil koordinasi antara lain penyampaian bahan dan informasi kegiatan serta rencana tindak lanjut dari pihak BP4K Tanah Bumbu dalam rangka menyikapi adanya Program Penumbuhan Pembinaan dan Pengembangan Kelompok Pelaku Utama Perikanan Tahun 2012, yang akan dimulai awal Juli hingga Agustus 2012 ini.  Menurut Muhammad Amin, SP, kegiatan ini harus diapresiasi dan ditindak lanjuti dengan baik sesuai dengan tupoksi yang dijalankannya.  "Kita usahakan secepatnya persiapan kegiatan ini, baik dari sosialisasi hingga pelaksanaannya di lapangan."  
Sebagai hasil koordinasi yang dilakukan oleh Koordinator Penyuluh dengan Kabid Kelembagaan Sarana dan Prasarana yang juga merupakan rencana tindak lanjut, secara tertulis dapat diuraikan sebagai berikut :
  1. Perlunya membuat SK Kepala BP4K Tanah Bumbu mengenai tim penilai kelas kemampuan kelompok, hal ini berguna untuk legalitas tim penilai dan juga untuk penilaian dupak bagi penyuluh perikanan fungsional nantinya.
  2. Sosialisasi dan koordinasi kegiatan kepada masing-masing kelompok pelaku utama perikanan penerima program bantuan, melalui penyuluh perikanan masing-masing.
  3. Tim Panitia Pelaksana (Kabupaten) yang telah dibentuk berdasarkan SK Kepala BP4K Kab. Tanah Bumbu Nomor 14 Tahun 2012 supaya menyusun draft Tim Penilai Kelas Kemampuan Kelompok yang nantinya di SK-kan oleh kepala badan.
  4. Tim Panitia Pelaksana (Kabupaten)  sebagaimana yang dimaksud pada point (3), mempelajari mekanisme peng-SPJ-an karena bertugas meng-SPJ-kan atau melaporkan keuangan hasil kegiatan kepada pihak Bakorluh Prov. Kalimantan Selatan.
  5. Tim Panitia Pelaksana (Kabupaten) melaporkan kepada pihak Bakorluh Prov. Kalimantan Selatan berupa photocopy rekening kelompok, profil kelompok, SK Kepala Badan, dan Rencana Usaha Kelompok (RUK) secepatnya.
Berdasarkan SK Kepala BP4K Kab. Tanah Bumbu Nomor 14 Tahun 2012 tentang Penerima Fasilitasi Penumbuhan Pembinaan dan Pengembangan Kelompok Pelaku Utama Perikanan Tahun 2012 tanggal 07 Mei 2012 (Lampiran 01), daftar nama kelompok penerima fasilitasi antara lain sebagai berikut :
  1. Kelompok ARTOMORO (Ketua : Muhtar), alamat desa Sarigadung Kecamatan Karang Bintang;
  2. Kelompok CUMI-CUMI (Ketua : H. Saduka), alamat desa Sungai Loban Kecamatan Sungai Loban;
  3. Kelompok PADA IDI SIAME-AME (Ketua : Upe), alamat desa Pejala Kecamatan Kusan Hilir;
  4. Kelompok ANTASAN (Ketua : Monneng), alamat desa Pulau Satu Kecamatan Kusan Hilir;
  5. Kelompok MINA LESTARI (Ketua : Tirto Wiyono), alamat desa Banjarsari Kecamatan Angsana;
  6. Kelompok BUAH TAMBAK (Ketua : Alimuddin), alamat desa Sepunggur Kecamatan Kusan Hilir;
  7. Kelompok BINA HIKMAH (Ketua : M. Taher), alamat desa Wirittasi Kecamatan Kusan Hilir;
  8. Kelompok HASIL LAUT (Ketua : Haruna), alamat desa Muara Pagatan.
Kita semua berharap, semoga kegiatan ini bisa berhasil dan sukses dengan baik.  Untuk itu, sangat diperluklan dukungan dari semua pihak hingga terlaksananya kegiatan ini nantinya.
BRAVO PENYULUH PERIKANAN!!!
(Oleh : Eko Prio Raharjo, S.Pi - Koordinator Penyuluh Perikanan Kab. Tanah Bumbu)

Tidak ada komentar: