Selasa, 24 Juli 2012

PENUMBUHAN PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PELAKU UTAMA PERIKANAN DI KAB. TANAH BUMBU (Bagian 3)

Tepat pukul 12.05 Wita siang, Senin (24/07/2012) bertempat di desa Wirittasi kecamatan Kusan Hilir, di rumah Penyuluh Perikanan Swadaya, Muhammad Salman (39 tahun), telah berkumpul sekelompok orang yang ternyata para anggota kelompoknya, sekretaris desa dan penyuluh perikanan yang membina di desa itu.  Nor Jennah, A.Md, nama penyuluh perikanan yang merupakan alumnus Fakultas Perikanan Angkatan 2001 dan lulus tahun 2004 ini sudah bertugas di desa ini sejak pertengahan tahun 2011 yang lalu.
Berkumpulnya anggota-anggota kelompok adalah untuk melakukan pertemuan pasca pencairan dana kegiatan penumbuhan pembinaan dan pengembangan kelompok pelaku utana perikanan tahun 2012.  Narasumber dari BP4K Kab. Tanah Bumbu, Eko Prio Raharjo, S.Pi, koordinator penyuluh perikanan yang juga merangkap sebagai Koordinator Jabfung.
Pembinaan dari penyuluh perikanan pada kelompok
Desa Wirittasi merupakan salah satu dari 8 (delapan) desa yang terkena program ini, yakni berdasarkan Surat Keputusan Kepala BP4K Kab. Tanah Bumbu Nomor 14 Tahun 2012 tanggal 07 Mei 2012 silam.
Desa Wirittasi termasuk desa yang terletak di wilayah pesisir sehingga masyarakatnya banyak yang bekerja sebagai nelayan laut.  Kelompok menerima bantuan ini adalah Kelompok Nelayan "Bina Hikmah" dengan jumlah anggota kelompok sebanyak 16 orang. Kelompok ini sudah dibentuk pada tahun 2005 silam dengan ketua Muhammad Taher (45 tahun).  Berdasarkan hasil pantauan sementara, kelompok ini masih sangat terbatas administrasi (pembukuan) kelompoknya, namun sudah mempunyai Buku Tamu Kelompok.  Selama pertemuan berlangsung, narasumber menjelaskan latar belakang, tujuan, penerima dan mekanisme penumbuhan dan pengembangan kelompok.  Diskusi dan tanya jawab juga dilakukan bagi anggota kelompok yang kurang faham.
Pengurus kelompok BINA USAHA
Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan ketua kelompok, kelompok Bina Hikmah baru akan mencairkan uang hari ini di Bank BRI terdekat.  Sesuai dengan apa yang tercatat di dalam rencana pengelolaan kegiatan, dana sebanyak Rp 2.750.000,- (dua juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) di rekening tersebut akan diperuntukkan melengkapi administrasi kelompok seperti buku kas, buku inventarisasi barang, buku notulen pertemuan, buku absen rapat, buku agenda surat, buku tamu, buku rencana kegiatan, buku kegiatan usaha, buku laporan keuangan, papan nama kelompok.  Selain itu juga termasuk pertemuan dalam penyusunan RUK (Rencana Usaha Kelompok), rapat rutin kelompok, pertemuan dengan mitra Bank, pembinaan usaha anggota dan pelaporan.  Semua kegiatan itu akan dilakukan secara bertahap tergantung situasi dan kondisi di kelompok itu sendiri.
Sebagai penyuluh perikanan, kita semua berharap dapat membantu mitra kita yakni kelompok pelaku utama perikanan sampai mereka benar-benar mandiri.
BRAVO PENYULUH PERIKANAN!!!
(Oleh : Eko Prio Raharjo, S.Pi - Koordinator Penyuluh Perikanan Kab. Tanah Bumbu)

2 komentar:

Kerta Buwana mengatakan...

Media Informasi Kegiatan Penyuluhan yang SANGAT KREATIF Publikasinya. Kami masih perlu banyak belajar untuk bisa seperti ini. Selamat Berkarya, salam sukses dari kami :
http://kertabuwana-desa.blogspot.com/

Administrator mengatakan...

Terima Kasih...telah ikut serta untuk mampir ke blog kami, mohon dukungannya dan bantuannya, kalo ada kelompok perikanan disana kami siap membina dan memberikan penyuluhan....kontak person 085248749009 (Koorluhkan),trims.