Kamis, 26 Juli 2012

PENUMBUHAN PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PELAKU UTAMA PERIKANAN (Bagian 4)

Pagi itu, Rabu (25/07/2012) kembali tim kegiatan penumbuhan pembinaan dan pengembangan kelompok dari kabupaten melakukan kunjungan dan silaturrahmi pasca pencairan dana melalui rekening kelompok.  Kelompok Cumi-cumi desa Sungai Loban, yang mendapatkan dana sejumlah Rp 2.750.000,0 (dua juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah), mempersiapkan diri untuk mencairkan dana tersebut melalui BRI Cabang Sungai Loban yang berjarak sekitar 4 km dari desa tersebut.
Senyumlah wahai penyuluh perikanan
Photo bareng dengan kelompok
Kali ini tim yang telah di SK kan oleh Kepala BP4K Kab. Tanah Bumbu Nomor 14 Tahun 2012 tanggal 07 Mei 2012 silam, telah turun ke lapangan dalam rangka melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada pengurus dan anggota kelompok Cumi-cumi.  Tim yang turun ke lapangan terdiri dari Koordinator penyuluh perikanan yang merangkap koordinator jabatan fungsional (KJF), Eko Prio Raharjo, S.Pi, yang ditemani oleh Parlan selaku penyuluh perikanan setempat, dan Emilita (penyuluh perikanan desa binaan Betung, Gusunge dan Pulau Salak).  
Selalu ceria walaupun bulan puasa
Kelompok Cumi-cumi merupakan salah satu kelompok nelayan yang beroperasi di perairan laut, saat ini masih memiliki pembukuan dan administrasi yang sangat terbatas, yaitu hanya memiliki pembukuan seperti buku tamu dan data kelompok saja, sedangkan untuk buku-buku lainnya seperti buku atau catatan hasil produksi, buku inventarisasi barang, buku hasil kegiatan kelompok masih belum ada. 
Dalam pertemuan ini, tim menjelaskan untuk apa dan bagaimana mengelola dana yang sudah ada di rekening kelompok itu.  Sesuai dengan arahan tim, bahwa dana tersebut merupakan dana "titipan" yang wajib digunakan oleh kelompok untuk keperluan administrasi/pembukuan dan kegiatan pertemuan kelompok.                               
H. Sadukk
H. Sadukka (57 tahun), selaku ketua kelompok mengatakan bahwa pihaknya akan segera menggunakan dana tersebut sesuai dengan keperluan yang telah disepakati kelompok. Sebab, setelah kelompok merealisasikan dana tersebut, tim akan kembali menilai kelompok dalam rangka penilaian kelas kemampuan kelompok.  Diharapkan dengan bantuan dana stimulan ini, kegiatan kelompok akan terus berjalan dan dilengkapi dengan administrasi kelompok yang memadai.  Berdasarkan data yang telah dirangkum oleh tim beberapa minggu yang lalu, secara rinci rencana penggunaan dana ini untuk membuat buku data anggota, buku kas, buku inventarisasi barang, buku notulen pertemuan, buku kehadiran peserta rapat, buku agenda surat, buku tamu, buku  rencana kegiatan usaha, buku laporan keuangan, papan nama kelompok, penggandaan dokumen (photocopy)konsumsi rapat penyusunan RUK, rapat kelompok, rapat kemitraan dengan pihak Bank, pembinaan usaha anggota dan pelaporan kelompok ke instansi terkait.
Semoga dengan niat yang tulus dan ikhlas, kita semua siap membantu demi kelancaran kegiatan ini.  Kami semua berharap agar kelompok ini bisa menjadi kelompok yang dapat diandalkan, mandiri, maju dan sejahtera hingga akan diikutsertakan pada lomba kelompok nantinya.
BRAVO PENYULUH PERIKANAN!!!
(Oleh : Eko Prio Raharjo, S.Pi - Koordinator Penyuluh Perikanan Kab. Tanah Bumbu)

Tidak ada komentar: